Selayang Pandang Tentang Proyek Semanggi
By Yuyu Kasim, posted on 03 Agustus 2017 in News
== Catatan: Artikel ditulis ulang dari informasi group Whatsaap, disajikan kembali untuk para pembaca Paper ibuild ==Jembatan Semanggi yang saat ini bagian dari ruas jalan tol dalam kota (Jakarta Inner Ring Road), pada masanya dibangun tahun 1961 adalah sebuah karya konstruksi sipil fenomenal. Suatu struktur konstruksi jembatan panjang (60 meter tanpa penyangga) di Indonesia untuk pertama kali menerapkan teknologi #prestressed_concrete. Sebuah masterpiece karya konstruksi anak bangsa saat itu.Prokontra dan diskursus akademik mengemuka saat itu mempersoalkan kekuatan dan kehandalan struktur jembatan prestressed concrete tersebut. Sehingga Menteri Pekerjaan Umum, sekaligus perancang struktur Jembatan Semanggi, #Ir_Sutami, sesaat setelah peresmian tahun 1962 oleh Bung Karno Presiden RI melakukan aksi 'heroik' mengendarai jeep secara sendiri menuju tengah bentang, guna meyakinkan warga Jakarta.Apa yang kita saksikan sekarang setelah 55 tahun, Jembatan Semanggi masih tetap kokoh bertahan.#Kemacetan lalu lintas yang menjadi momok sepanjang hari di Jakarta Raya (Jabodetabek) mendorong Kementerian PUPR melakukan studi komprehensif menilai performa ruas-ruas jalan arteri nasional se-Jabodetabek. Studi ini dikenal dengan nama MARIP (Metropolitan Arterial Road Improvement Project, 2011-2012) bekerja sama dengan JICA. Salah satu objek studi adalah Persimpangan Semanggi.Ada 5 opsi skema penyelesaian diajukan. Ada skema penambahan flyover baru di kedua sisi Jalan Gatot Subroto, dan juga ada skema memperlebar kolong jalur lambat untuk kemudian short-cut ke ramp semanggi didepannya, etc. Sasarannya adalah untuk mengatasi fenomena #weaving_conflict arus lalu lintas yang bersilangan baik di Jalan Gatot Subroto maupun di kolong Jembatan Semanggi Jalan Sudirman.Sekitar Mei 2015, seiring dengan penyerahan wewenang penyelengaraan beberapa ruas jalan nasional oleh Kementerian PUPR kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, adalah sosok fenomenal #Ir_Basuki_Tjahaja_Purnama, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, mengajukan keinginan mengambil alih penanganan Simpang Semanggi, semata demi percepatan penyelesaian keruwetan di area Semanggi dan sekitarnya. Dan dengan keputusan yang berani dan super cepat, skema penyelesaian Semanggi yang dipilih adalah the best option, yaitu membuat 2 ramp baru (elevated road) untuk pergerakan lalu lintas belok kanan dari ruas arteri Jalan Gatot Subroto ke Jalan Sudirman.#Persoalan kemudian muncul. Bagaimana meletakkan dua lajur jalan layang melintas diatas konstruksi Jembatan Semanggi yang dikenal iconic, arsitektural, dan historik yang sudah digagas oleh Bung Karno dan direalisasikan oleh Sutami?Nilai-nilai tersebut sama sekali tidak boleh dihilangkan, yang belakangan diketahui bahwa Jembatan Semanggi dengan 4 loop ramp-nya membentuk formasi seperti daun Semanggi, mengandung makna luhur Persatuan Indonesia. Pilar utama penyangga Jembatan Semanggi berbentuk #V-Shape, konon melambangkan makna victory, kemenangan bangsa Indonesia.Dan kriteria desain tersebut ditetapkan untuk kemudian diolah secara apik nan cantik oleh arsitek mumpuni, #Ir_Achmad_Noerzaman bersama Tim Arsitek Arkonin. Terciptalah sketsa 2 ramp jalan layang baru terpisah yang seolah membentuk lingkaran elliptic mengelilingi 4 loop-ramps Semanggi. Ahaaa....Buah Semangka Berdaun Semanggi, celoteh #Ir_Basuki_Hadimulyono, Menteri PUPR.#Persoalan kedua, bagaimana cara membentangkan struktur beton masif jalan layang dengan bentang terpanjang 80 meter tanpa penyangga diatas jalan tol yang sangat krusial padat lalu lintas..?Ada 2 pilihan teknik pembentukan struktur beton gelagar jembatan, #Cast_in_situ (cor ditempat) atau #Precast_Concrete (segmen-segmen box girder yang dicetak di pabrik). Kriteria pelaksanaan pun ditetapkan, antara lain:1. Struktur jembatan 80 meter tanpa penyangga, guna mengeliminir gangguan signifikan arus lalu lintas,2. Kemiringan longitudinal jalan layang dalam batas standar dengan konstrain jarak tidak melewati simpang Jalan Bendungan Hilir dan Simpang Jalan Sudirman CBD,3. Skedul ketat pelaksanaan 18 bulan dengan mencanangkan Triple-8 target, angka keramat 17-8-17 sebagai dead-line kontrak kerja.Atas dasar kriteria pelaksanaan diatas, maka pilihan yang sesuai adalah penggunaan teknologi precast concrete dengan metoda konstruksi #span_by_span_method dan khusus pada segmen overpass dengan #cantilever_method.#Persoalan belum lah selesai. Metoda precast segmental boxgirder ini belum ada contohnya di Indonesia untuk bentang 80 meter, apalagi pada struktur alinemen melengkung. Bench-marking yang ada adalah struktur jembatan bentang panjang Hongkong-Macao-Zhuhai Highway dengan special span 130 meter. Namun, ini melintas di laut, tidak ada diatas jalan raya. Haduhhh..!Tim ahli perancang struktur ITB yang dipimpin oleh #Ir_Djodi_Firman_MSc_Phd mengajukan challenge dunia konstruksi sipil Indonesia untuk mencoba menerapkan teknik struktur jembatan precast segmental boxgirder pada bentang panjang melengkung. Suatu struktur yang benar-benar harus memperhitungkan secara akurat #Banana_Effect, efek momen torsi dari beban sendiri yang timbul pada struktur melengkung.Lantaran struktur jembatan melengkung baik horisontal maupun vertikal, potongan-potongan boxgirder adalah unik, tak ada dimensi box yang sama. Ini menuntut teknik pencetakan yang menjamin akurasi dan presisi pertemuan antar segmen boxgirder, dikenal dengan nama #short_line_match_casting_method. Suatu metoda pencetakan segmental boxgirder satu persatu yang menggunakan precast boxgirder terdahulu sebagai formwork pencetakan boxgirder selanjutnya.Dengan menancapkan keyakinan diri dan mengusung semangat pembaharuan ilmu konstruksi jembatan, ditetapkan lah penerapan metoda #precast_concrete_segmental_boxgirder.#Akhirnya pada tataran eksekusi lapangan, segmen-segmen boxgirder diinstall bertahap menggunakan kombinasi alat crane dan lifter layaknya merangkai #lego dari kedua sisi tumpuan pilar dan bertemu pada titik tengah bentang jembatan, dengan mematok level presisi pertemuan tidak boleh menyimpang (skew) lebih dari 6 cm. Proses install segmental boxgirder ini pun diberikan #windows_time yang singkat guna mencegah antrian panjang lalu lintas di jalan tol dalam kota. Suatu pekerjaan dengan kontrol skema dan ritme kerja yang super super ketat.Sejarah berulang, #Reincarnation_of_Sutami_Spirit......